Skip to main content

Informasi

PKM-KKN INSUD KERJASAMA DENGAN GEDONGARUM

Sabtu, 09 September 2017 - 11:33 WIB
Diposting oleh: Admin Insud

Pendidikan masih menjadi sesuatu yang bisa diharapkan untuk menjalankan kemudahan kehidupan, mendapatkan keberkahan, mewujudkan peradaban serta menjadi amalan pencapaian kebaikan. Dalam konteks harapan tersebut, diantaranya dengan membaca dan menulis.

Desa Gedongarum yang ditempati kelompok 16 KKN INSUD 2017, selama KKN sudah melakukan serangkaian program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Setelah lebih dari 20 hari mengabdi, para mahasiswa menemukan riset bahwa Gedongarum membutuhkan sarana dan prasarana peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Bersama partisipasi dan aksi masyarakat Gedongarum, mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dengan nama Cahaya Kita, pada hari Kamis, 31 Agustus 2017.

 

PKM tersebut diperkuat dengan melakukan kerjasama yang ditandai penandatanganan nota kesepahaman MoU antara INSUD dengan Desa Gedongarum. Diantara point kesepakatan tersebut yaitu peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan formal, non formal serta pendampingan dan pembinaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

 

Sebelum diresmikan oleh Kepala Desa Gedongarum, diadakan Pembinaan Calon Pengelola TBM serta keterwakilan warga. Mengangkat tema: Revitalisasi Budaya Membaca Bersama Rumah Baca Masyarakat. Narasumber pertama Muhammad Haris, M.Pd.I dan narasumber kedua Dr. Arif Widodo, M.S.I.

Koleksi buku-buku TBM Cahaya Kita, sudah ada beberapa buku yang kemudian menjadi bahan bacaan masyarakat Gedongarum. Mahasiswa KKN kelompok 16 sudah mengusahakan, merias ruangan serta administrasi catatan kegiatan TBM. Dari mulai buku-buku pendidikan, keagamaan, pertanian, serta buku wawasan pengetahuan.

 

 

Kontributor:

Muhammad Haris