Skip to main content

Informasi

Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Dan Manajemen Tata Organisasi

Minggu, 12 November 2017 - 15:55 WIB
Diposting oleh: Admin Insud

Lamongan (09/11/2017)- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, menggelar Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) yang ke 4 kalinya pada hari Kamis 09 s.d 10 November 2017 bertempat di gedung pertemuan Ponpes Sunan Drajat. LKM kali ini mengusung tema "  إِنِّي جَاعِلُ فِي الأَرْضِ خَلِيفَة" yang di ikuti 70  perwakilan mahasiswa dari setiap Himmaprodi dan Ukm.

LKM merupakan salah satu program kerja tahunan oleh mentri Sumber Daya Mahasiswa BEM INSUD dan sebagai salah satu kegiatan pengkaderan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan organisasi serta membentuk mahasiswa sebagai pemimpin yang berkualitas, siap, dan berkomitmen dalam menjalankan amanah.

 

Acara yang dikemas secara padat ini, dimulai dengan pembukaan yang berisi sambutan-sambutan dan pemukulan gong sebagai simbolis resmi telah dibukannya LKM yang ke-4 ini oleh Bapak Drs. Sutopo selaku rektor III INSUD.

Presiden BEM INSUD, A.Nurasyikin berharap kegiatan ini dapat membangun jiwa kepemimpinan guna dapat melanjutkan tongkat estafet kepengurusan Organisasi khususnya BEM INSUD ini "....selain tugas mahasiawa ini juga sebagai pembelajaran yang nantinya akan terjun sebagai bagian dari masyarakat, dituntut memiliki keahlian lain seperti berorganisasi yang nantinya berguna untuk dirinya sendiri dan orang lain disekitarnya...."ujarnya.

Dalam sambutannya, Bapak Iwan Zunaih selaku rektor INSUD.  Bahwasanya moralitas haruslah kita bangun sebaik mungkin, Beliau menambahkan banyak tantangan yang harus dihadapi mahasiswa sebagai agent of change sehingga mengakibatkan krisis karakter dan krisis moneter, kecuali dengan merubah diri kita sendiri. "Semoga dengan kegiatan ini kalian dapat menjadi leader dan moral force yang kemudian hari dapat dipraktekkan dalam kehidupan bermasyarakat dan sehari-hari", ujar beliau Bapak Iwan Zunaih.

11:30 Wib, acara dilanjutkan dengan materi pertama yaitu Public Speaking dengan narasumber Nuril Ainul Fiqiyah,  dalam paparannya beliau memotivasi teman-teman mahasiswa dengan serangkaian tausianya yang berlandaskan teori-teorinya tersebut.

Kegiatan LKM ke-4 ini  memiliki kesan yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada LKM ke-4 ini peserta disuguhi 5 materi diantaranya Public speaking, Analisa diri, Manajemen Tata Organisasi (MTO), Analisa Wacana, Analisa Sosial, Analisa SWOT, dan terakhir kepemimpinan (Leadership).

LKM ini ditutup dengan kegiatan screening yang dibimbing langsung oleh jajaran cabinet Bhinneka Tunggal Ika BEM INSUD guna mengetahui sebesar mana pemahaman peserta dan keseriusan dalam studium general pada LKM tersebut. Tepat pada pukul 23:30 Wib, (10/11/2017).

 

Ima Menik PMII Al Ahkam

Semoga bermanfaat :)