Skip to main content

Informasi

LOMBA CERDAS CERMAT KEBANGSAAN SE-KOTA LAMONGAN-GRESIK

Rabu, 29 November 2017 - 14:49 WIB
Diposting oleh: Admin Insud

Himpunan mahasiswa program studi Ahwal Al-syakhsiyah Fakultas Syari`ah Institut Pesantren Sunan Drajat menyelenggarakan Lomba cerdas cermat kebangsaan se kota Lamongan-Gresik dengan tema “Menanamkan Nilai-Nilai Nasionalis Untuk Membangun Kesadaran Generasi Muda Terhadap Hukum Di Indonesia”. Kegitan ini juga dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun INSTITUT PESANTREN SUNAN DRAJAT yang ke 9.

            Kegiatan lomba ini dilaksanakan di gedung pertemuan Pondok Pesantren Sunan Drajat yang mana diikuti oleh 11 (sebelas) lembaga sekolah tingkat SLTA se-derajat. Diadakannya lomba cerdas cermat ini bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalis terhadap generasi muda bangsa Indonesia. Sesuai dengan materi yang diperlombakan yakni Pancasila, UUD NRI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika. Oleh karenanya harapan panitia penyelenggara bahwa dengan mengikuti perlombaan ini mereka (peserta) sebagai penerus bangsa nantinya dalam berbangsa dan bernegara dapat mengamalkan nilai-nilai tersebut, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini selaras dengan sambutan sahabat Eko Nurhidayat “Di tahun 2017 ini kog masih ada yang ingin mengganti Dasar Negara kita, Ideologi Negara kita dan hukum-hukum di Negara kita sesuai dengan kepentingan kelompoknya. Padahal kan Pancasila sudah final dan bangsa Indonesia adalah bangsa yang plural sehingga tidak boleh hanya demi kepentingan kelompok saja melainkan harus melalui musyawarah mufakat” tuturnya selaku ketua Himmaprodi Ahwal Al-syakhsiyah. Ini menandaskan bahwa terselenggaranya perlombaan ini juga dilatar belakangi oleh kegaduhan yang terjadi di negara Indonesia belakangan ini, yang mana disebabkan oleh mereka yang tidak mengamalkan nilai-nilai Pancasila, lebih luasnya empat pilar dasar berbangsa dan bernegara.

 

            Syukur Alhamdulillah perlombaan cerdas cermat kebangsaan ini berjalan dengan lancar hingga usai tanpa ada hambatan apapun. Perlombaan ini juga dihadiri dari jajaran civitas akademik dan jajaran organ mahasiswa yang dinaungi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Institut Pesantren Sunan Drajat. Dan Komisi Transparansi Kabupaten Lamongan selaku dewan juri yakni bapak Ma`mun Murod serta pihak koramil Paciran selaku dewan juri juga yakni bapak Dodik. S.

“Selamat kepada SMAN 1 Sidayu yang telah meraih juara 1, MA Ihya`ul Ulum Cangaan Dukun meraih juara 2 dan MA Darul Ma`arif Payaman yang telah meraih juara 3. Semoga semangat kalian dalam belajar tidak hanya pada perlombaan kali ini saja tetapi menjadi kebiasaan sehari-hari” tutur bapak Zamroni Ishaq selaku Kaprodi Ahwal Al-Syakhsiyah. Dan selanjutnya ditutup Do`a oleh bapak Muhyidin setelah usainya prosesi penyerahan hadiah dan trophi juara. (oleh sahabat pena_nur)