Skip to main content

Akademik

Pendidikan Bahasa Arab

Visi :
Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang berkualitas, bermoral, dan menghasilkan keuangan kompetitif sekaligus menjadi pusat kajian dan pengembangan pendidikan Bahasa Arab yang unggul dan kompetitif di Jawa Timur.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional di bidang Pendidikan Bahasa Arab yang memiliki keunggulan kompetitif.
  2. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan pengembangan karya inovatif yang relevan dengan disiplin ilmu pendididkan Bahasa Arab
  3. Mewujudkan komitmen kinerja dan budaya akademik para civitas akademika.
  4. Mengembangkan pengabdian dan kemitraan dengan berbagai lembaga pemerintah dan kemasyarakatan baik regional maupun nasional.
  5. Merespon kebutuhan stakeholders akan adanya tenaga pendidikan yang ahli pada bidang Bahasa Arab.

Tujuan :

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan Bahasa Arab yang ahli serta memiliki kedalaman spiritual, integritas moral dan intelektual melalui proses pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
  2. Menghasilkan produk pemikiran, teknologi dan sumber pembelajaran dalam Pendidikan Bahasa Arab.
  3. Menghasilkan kerja sama dengan beberapa lembaga pendidikan untuk meningkatkan penyelenggaraan pendidikan di INSUD Lamongan.

Sasaran :

Sasaran utama program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan adalah menghasilkan lulusan tenaga pendidik dibidang pendidikan Bahasa Arab yang memiliki kedalaman spiritual dan kematangan intelektual dengan kompetensi sebagai berikut :

  1. Mampu menguasai dan memahami materi perkuliahan yang berkaitan dengan ilmu pendidikan Bahasa Arab.
  2. Mampu merancang dan membuat strategi pembelajaran Bahasa Arab dan memberikan solusi pembelajaran sesuai dengan permasalahannya.
  3. Mampu melaksanakan penelitian dibidang pendidikan Bahasa Arab serta melakukan pengabdian terhadap masyarakat.
  4. Mampu mengambangkan pembelajaran Bahasa Arab yang sejalan dengan perkembangan ilmu Pengetahuan dan teknologi.
  5. Mampu menguasai isu-isu kontemporer dibidang pendidikan islam.