Skip to main content

Pendaftaran

Pedoman Akademik

 

  • Buku Pedoman Akademik

Puji Syukur kehadirat Illahi Rabbi, karena anugerah-Nya Buku Pedoman ini bias diterbitkan. Pedoman Akademik ini disusun untuk kelancaran pelaksanaan program pendidikan Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan dan diharapkan dapat memberikan panduan kepada civitas akademikkkaaa Instituttt Pesaaannntren Sunan Drajat Lamongan, terutama mahasiswa baru yang membutuhkan informasi tentang berbagai ketentuan dan petunjuk yang diperlukan mereka. Beberapa ketentuan yang bersifat terbaru belum masuk dalam buku pedoman ini karena alas an kontemporer yang bersifat teknis. Diyakini bahwa buku pedoman ini masih memerlukan banyak kesempurnaan, karena buku pedoman ini dibuat dengan biaya dan waktu yang sangat terbatas. Karena itu dengan segala kerendahan hati kami terima masukan seraya mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya. Begitu pula kepada para penyusun buku pedoman ini terutama bagi rekan yang bukan tugasnya telah mengabil peran dalam penyusunan buku ini.

Terima kasih kepada tim penyusun yang telah bersusah payah sampai buku ini diterbitkan. Jika ada kelemahan dalam kealpaan dibanyak hal mohon kiranya berkenan memberikan saran yang konstruktif untuk penyempurnaan pada edisi mendatang. Kami berharap buku pedoman ini dapat memenuhi fungsinya, dan bagi civitas akademika Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan dapat menjadikannya informasi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Untuk mengakses buku pedoman akademik Institut Pesantren Sunan Drajat Tahun Akademik 2016/2017, silahkan klik disini

  •  Pedoman Rekruitmen Dosen

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunianya sehingga pembuatan buku pedoman Sistem Seleksi, Rekruitmen, Penempatan, Pengembangan, Retensi Dan Pemberhentian Dosen Dan Tenaga Kependidikan Insud Lamongan tahun 2016 dapat disusun dan diterbitkan. Secara garis besar buku ini bertujuan untuk memberikan pedoman kepada seluruh civitas akademika Insud Lamongan tentang Sistem Seleksi, Rekruitmen, Penempatan, Pengembangan, Retensi Dan Pemberhentian Dosen Dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Insud Lamongan. Buku pedoman ini bertujuan memberikan tuntunan, pegangan dan gambaran bagi seluruh civitas akademika dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan di Insud Lamongan, dengan adanya buku pedoman ini diharapkan seluruh civitas akademika dapat memperoleh gambaran tentang standar penyelenggaraan pendidikan di Insud Lamongan.

Terima kasih kami ucapkan kepada pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku pedoman ini. Semoga buku ini dapat memenuhi sasaran dan bermanfaat dalam memperlancar penyelenggaraan pendidikan di lingkungan Insud Lamongan

Untuk mengakses pedoman rekruitmen dosen Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, silahkan klik disini

  • Pedoman Kode Etik Dosen

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunianya sehingga pembuatan buku Pedoman Kode Etik Dosen dan Mahasiswa Insud Lamongan tahun 2016 dapat disusun dan diterbitkan.Secara garis besar buku ini bertujuan untuk memberikan pedoman kepada seluruh civitas akademika Insud Lamongan tentang Pedoman Kode Etik Dosen dan Mahasiswa di lingkungan Insud Lamongan. Buku pedoman ini bertujuan memberikan tuntunan, pegangan dan gambaran bagi seluruh civitas akademika dalam bertindak dan berperilaku baik bagi Dosen maupun mahasiswa. Dengan adanya buku pedoman ini diharapkan seluruh civitas akademika dapat memperoleh gambaran tentang standar bertindak dan berperilaku di lingkungan Insud Lamongan.

Terima kasih kami ucapkan kepada pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku pedoman ini. Semoga buku ini dapat memenuhi sasaran dan bermanfaat dalam memperlancar penyelenggaraan pendidikan di lingkungan Insud Lamongan

Untuk mengakses kode etik dosen Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, silahkan klik disini

  • Pedoman Pembelajaran dan Evaluasi

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, tercantum diantaranya tentang standar pembelajaran (yang meliputi standar isi, proses, penilaian dan pengelolaan). Standar-standar tersebut menjelaskan ketentuan-ketentuan yang harus terpenuhi baik dalam hal pembelajaran. Agar pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kompetensinya sehingga dapat memenuhi harapan berbagai pemangku kepentingan, maka ditetapkan pedoman pembelajaran dengan standar-standar yang jelas dan perlu dilakukan monitoring dan evaluasi pembelajaran secara berkelanjutan. Berdasarkan hal itulah maka INSUD Lamongan secara khusus menetapkan pedoman  pembelajaran yang dilengkapi dengan pedoman monitoring dan evaluasinya.

Pedoman pembelajaran ini ditetapkan sebagai dasar bagi Dosen dalam melaksanakan pembelajaran dan bagi pimpinan program studi, fakultas dan universitas dalam melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran betul-betul sesuai dengan yang diharapkan.  Disamping itu, pedoman ini juga ditetapkan dalam rangka melaksanakan Penjaminan Mutu Akademik Insud Lamongan (INSUD) yang merupakan tanggung jawab seluruh sivitas akademika.

Untuk mengakses Pedoman Pembelajaran dan Evaluasi Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, silahkan klik disini

  • Pedoman Penyusunan RPS

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunianya sehingga pembuatan buku Pedoman Penyusunan SAP dan RPS Insud Lamongan tahun 2016 dapat disusun dan diterbitkan. Secara garis besar buku ini bertujuan untuk memberikan pedoman kepada seluruh civitas akademika Insud Lamongan tentang Pedoman Penyusunan SAP dan RPS di lingkungan Insud Lamongan. Buku pedoman ini bertujuan memberikan tuntunan, pegangan dan gambaran bagi seluruh civitas akademika dalam menyusun dan mengembangkan SAP dan RPS  di Insud Lamongan, dengan adanya buku pedoman ini diharapkan seluruh civitas akademika dapat memperoleh gambaran tentang standar penyusunan SAP dan RPS di Insud Lamongan.

Terima kasih kami ucapkan kepada pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku pedoman ini. Semoga buku ini dapat memenuhi sasaran dan bermanfaat dalam memperlancar penyelenggaraan pendidikan di lingkungan Insud Lamongan

Untuk mengakses Pedoman Penyusunan RPS Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, silahkan klik disini

Lamongan, 30 Agustus 2016

Rektor,

 

H. Ahmad Iwan Zunaih, Lc., M.M, M.Pd.I