Skip to main content

Informasi

Ma`had `Aly

MA`HAD  `ALY  SUNAN DRAJAT

Pondok pesantren diakui sebagai sistem dan lembaga pendidikan yang memiliki akar sejarah yang penjang di Indonesia, dengan ciri-cirinya yang khas keberadaanya hingga dewasa ini masih tetap berdiri kokoh ditenggah tenggah masyarakat . hal ini terbukti dengan kenyataan bahwa pondok pesantren sekarang ini masih menampakan keaslian, kebinekaan, dan kemandirianya walaupun usianya setua proses islamisasi di negeri ini. Lebih dari itu pondok pesantren mampu memperhatikan dinamika perkembangan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

Kondisi obyektif menunjukan bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah penganut agama Islam, oleh karena itu pendidikan dan pengajaran ilmu-ilmu keislaman merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan mayoritas bangsa ini sebagai wahana pengembangan kualitas hidup keberagamaanya.disinilah posisi pondok pesantren sangat setrategis untuk kebutuhan tersebut.

Ma`had `aly dalam konteks kepesantrenan di Indonesia bisa digolongkan wacana baru. Ma`had `aly  ini sebagai bentuk perwujudan dari kesadaran para ahli pendidikan agama, khususnya yang memperhatikan masalah pesantren mengenai perlunya penanganan pendidikan secara optimal agar dapat menghasilkan alumni yang profesional dan proaktif terhadap peluang dan tantangan.

Mengantisipasi hal tersebut, maka beberapa pertemuan telah dilaksanakan dengan melibatkan Departemen Agama , para Ulama’/Kyai dan beberapa pihak baik secara kelembagaan maupun perseorangan dalam rangka melahirkan suatu wadah studi lebih lanjut bagi para santri. Dari pertemuan tersebut diperoleh kesepakatan bahwa lembaga yang lebih tepat sebagai wadah studi lanjut tersebut adalah Ma`had `aly.

Ma`had `Aly sebagai mana dinmaksud diatas berupaya menjadi pusat pengakajian dan pengembangan ilmu-ilmu keislaman  yang tetap mamalihara cirri-ciri kepesantrenanya dalam menyiapkan peserta didik menjadi anggota dan panutan masyrakat yang memiliki kualifikasi keilmuan agama Islam serta memiliki komitmen dengan keilmuanya tersebut.

Tidak terkecuali pondok pesantren Sunan Drajat dengan usianya yang relative muda, maka Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat segera menyesuaikan dengan kebutuhan akan generasi penerus Ulama’ tersebut. Dan pada Bulan suci Romadlon 1421 H. diresmikanlah Ma`had `aly Sunan Drajat Oleh KH. Abdul Ghofur sebagai pengasuh dan disaksikan oleh Dr H.Ainur Rofiq, M.Ag. mewakili Bapak Dr.H.Amin Haidari selaku Derektur Kepesantrenan Depag RI dan saksikan oleh Pfof Dr H.Imam Suprayogo dan selanjutya disusunlah Visi Misi, Orientasi,Tujuan, Fungsi dan Kurikulum.

Visi dan Misi

Visi Ma`had `Aly adalah Menjadi salah satu pusat studi Islam fii Qismi Fiqh

 Misi

  1. Mengadakan kajian Islam secara menyeluruh, utuh dan komprehensif agar mampu mengahadapi tantangan zaman dalam tatanan kehidupan modern (Global) tanpa kehilangan jati dirinya,
  2. Mengembangkan sistem pendidikan pondok pesantren yang mampu memberikan sumbangan yang substansial dan konstruktif bagi bangsa dan negara Indonesia.

Orientasi Ma`had `aly

Seiring dengan tantangan kehidupan dalam era globalisasi dengan persaingan yang keras dan dinamika kehidupan yang tingi, maka orientasi Ma`had `Aly tidak lain kecuali harus berorientasi pada mutu, kebenaran dan kebaikan bagi seluruh kepentingan bangsa dan agama sebagai kosekwensi logis bahwa Islam adalah agama untuk semua “Rohmatan Lil “Aalamin”. orientasi ini  dimaksudkan untuk mengatasi kecenderuangan akhir-akhir ini dimana nilai-nilai kemanusiaan masyarakat  sangat jauh dari nilai-nilai Islam.

Tujuan Ma`had `aly

Pertama : mengantar para santri menjadi Ulama’ yang memiliki sifat-sifat  kepemimpinan ideal sebagai mana dicontohkan Rosulullah : shidiq, amanah, tabligh dan fathonah yang diimplementasikan dalam karakter Ulama’. Disadari sepenuhnya bahwa keempat sifat tersebut mungkin hanya dapat dicapai oleh Rosulullah Saw.secara sempurna. Namun Ma`had `aly harus terus menerus mendorong santrinya menuju kearah sifat-sitat tersebut.

Kedua Ma`had `aly Mengantarkan santri menjadi cendikiawan dan ilmuwan  yang memiliki kemauan dan kemampuan professional, terbuka, bertanggung jawab, berdidikasi dan peduli terhadap bangsa dan agama serta berpangdangan bahwa Islam Adalah Rohmata lil ‘alamin.

Fungsi Ma`had `aly

Sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi maka Fungsi Ma`had `aly adalah:

(1) Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan dan  Pengajaran, Penelitian dan pengabdian pada Masyarakat.

(2) Menjadi agen moderenisasi bangsa dan Negara dalam wadah masyarakat madani atau civil society.

Kurikulum Ma`had `aly

Kurikulum Ma`had `aly  adalah seperangakat rencana pendidikan yang berisi cita-cita pendidikan yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dengan tetap memelihara ciri khas kepesantrenan serta mampu mengantisipasi perkembangan masyarakat, tuntutan ilmu pengetahuan dan perkembangan kehidupan beragama yang tercermin dalam Pedoman Akademik dan sebara mata kuliuah sebagai mana dalam lampiran 1.