Pelantikan Pengurus DPW IV ITHLA dan Seminar Kebahasaan

Jumat, 15 Februari 2018. Bumi damai PP. Sunan Drajat dipenuhi puluhan mahasiswa jurusan bahasa arab dari kampus -kampus besar di Jawa Timur, untuk mengikuti Resepsi pelantikan kepengurusan Ittihadu tholabah al lughoh al `arobiyah (ITHLA) Dewan Perwakilan Wilayah IV.

Dalam acara tersebut institut pesantren sunan drajat lah yang menjamu mahasiswa bahasa arab yang turut serta dalam resepsi pelantikan ini. Acara yang berlangsung pada tanggal 17-18 Februari tersebut terbilang sangat meriah karena dihadiri oleh berbagai mahasiswa Jawa Timur, seperti Malang, Surabaya, Jember, Tulung Agung, Madura, Kediri, Ponorogo, dll yang mana personel pengurus ITHLA adalah dari masing-masing kampus ini.

Acara Resepsi pelantikan dimulai pada tanggal 17 Februari, pukul 09.30 dengan susunan acara pembukaan, dilanjut pembacaan ayat-ayat suci Al Quran oleh saudara Hamdan Syaikhoni dari INSUD Lamongan, kemudian sambutan oleh Rektor dan Dosen tak lupa ketua Ithla` DPW 4, dan tiba pada prosesi pelantikan kepengurusan. Doa atau penutup di lantunkan oleh Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah

Dalam sambutan Bapak Rektor INSUD, yakni Bapak H. Ahmad Iwan Zunaich, LC., MM., M.Pd.I. Beliau memberi pesan kepada calon penerus mahasiswa bahasa arab ini sebagai berikut “Kemajuan bangsa Eropa bukan merupakan hasil usaha yang singkat. Zaman dahulu, islam merupakan agama dengan tingkat keintelektualitas tertinggi. Tidak ada bangsa yang menyamainya, bahkan bangsa eropa sekalipun. Faktor utamanya adalah karena mereka menguasai 3 bahasa gerbang pengetahuan yakni Bahasa Yunani, Persia dan Hindia. Di masa itu, tepatnya dimasa pemerintahan Umar Bin Abdul Aziz bangsa muslim rajin menerjemah ilmu dan pengetahuan dengan bermodal 3 bahasa tersebut, akibatnya bahasa arab yang menjadi bahasa pengetahuan. Bangsa Eropa juga memahami bahasa eropa karena ekspansi dari Thariq bin Ziyad, akhirnya bangsa Eropa terus menerjemahkan ilmu yang telah dikaji bangsa muslim hingga mereka telah maju kini. Ini merupakan suatu kebanggaan dimana bahasa arab telah menjadi gerbang dari majunya era teknologi masa kini. Karena itu saya berharap disini mahasiswa bahasa arab bisa menjadi tonggak yang mampu membalik keadaan seperti islam di masa lalu, supaya bisa menguasai ilmu pengetahuan yang sangat luas ini”

Menurut M. Asyari selaku ketua panitia dalam acara resepsi pelantikan ini, “Acara ini kita totalitas kan untuk teman ithla` yang akan menjalankan mandatnya sebagai pengurus organisasi besar ini. Jadi kita lebih mengutamakan kenyamanan teman-teman ketika berkunjung ke kampus kita di Lamongan ini, dan alhamdulillah ternyata semangat teman-teman panitia saking semangatnya sampai-sampai lupa tidur.” ujarnya ketika diwawancarai oleh tim pers.

Setelah acara pelantikan terlaksana, diadakan seminar kebahasaan yang bertema “Bahasa Arab di Era Milenial : Antara Peluang dan Tantangan” dan diisi oleh Bapak Dr. Arif Widodo, M.S.i, seorang Dosen Pba Insud dan di moderatori oleh M. Ulil Albab, S.Pd. yang mana juga termasuk lulusan dari prodi PBA Insud. Seminar berlangsung begitu khidmah hingga tak terasa waktu istirahat telah tiba.

Acara ini juga dihadiri oleh senior Ithla` yang dengan semangat menyambut para junior yang akan memegang tongkat estafet dalam kepengurusan selanjutnya.

Acara berakhir pada tanggal 18 Februari dengan agenda Rihlah yang diadakan di area makom syekh Maulana Ishaq Kemantren Paciran Lamongan.

 

Oleh:

Eva Malinda