PMI INSUD Angkatan ke-VI Gelar Diklatsar

Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (PMI) UNIT INSUD (Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan) Angkatan ke-Vl mengadakan Pendidikan dan latihan tingkat dasar (Diklatsar) pada 17/10/2018 di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Sidomulyo Panceng Gresik. Pelatihan ini diikuti oleh 53 peserta. Pembukaan acara dipimpin oleh Ridwan SPd.l, M. Pd.l., selaku pembina KSR PMI UNIT INSUD dan disaksikan oleh pengasuh pondok pesantren Al-Ikhlas, K.H. Alfin Sunhaji.

“Peserta harus mempunyai niat dan tujuan baik untuk menjadi relawan yang tangguh, ikhlas dalam menjalankan amanah serta memberikan pengabdian kepada masyarakat,” pesan Ridwan S.Pd.I, M.Pd.I.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut (17-19 Oktober 2018). Kegiatan ini mengusung tema: “satukan langkah untuk kebersamaan dan satukan tekad untuk kemanusiaan”.

Muhammad Jefri selaku ketua panitia Diklatsar mengatakan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memperat hubungan kekeluargaan dan menjalin kekompakan tim KSR Unit INSUD. Ibarat sebuah bangunan memerlukan pondasi, tanpa pondasi bangunan tidak bisa berdiri. Demikian pula dengan Diklatsar ini, merupakan pondasi atau langkah awal dalam membangun kualitas relawan yang nantinya akan mengabdikan dirinya kepada masyarakat.

Materi Diklatsar ini diisi oleh beberapa narasumber. Materi sejarah PMI diberikan oleh Fajar Nurul Wachid. Materi pertolongan pertama dan kepalangmerahan serta penanggulangan bencana langsung diberikan oleh Subandi, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Gresik Jawa Timur. Sedangkan materi organisasian dan kepemimpinan disampaikan oleh Bagas Pradipta.

Pada puncak acara penobatan anggota, peserta harus melewati beberapa pos yang menguji pahaman peserta terhadap materi yang sudah disampaikan. Tahapan-tahapan kegiatan dalam Diklatsar ini diharapkan benar-benar dapat meningkatkan keikhlasan, ketangguhan, pengetahuan, keterampilan serta kebersamaan relawan KSR Unit INSUD.

 

Untuk melihat foto-foto yang lain, silahkan klik disini