• info@insud.ac.id
  • (0322) 4661311

PPL/PKL INSUD 2019: Belajar Langsung dari Pengalaman

Insud Lamongan      -    8 Views

PPL/PKL INSUD 2019: Belajar Langsung dari Pengalaman

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar secara mandiri langsung di lapangan kerja. Hal ini seperti dialami oleh kelompok 5 PPL 2019 yang memilih lokasi praktik di SMK Tarbiyatus Shibyan. Kelompok mahasiswa dari program studi Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Bahasa Arab ini tidak hanya belajar “mengajar” langsung, namun juga mengetahui proses pengelolaan lembaga pendidikan. Salah satunya mereka turut melakukan kunjungan ke perusahaan tempat peserta didik magang (11/02/2019).

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka monitoring lembaga terhadap peserta magang, yaitu peserta didik kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran (APK) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Tarbiyatus Sibiyan Kemantren Paciran Lamongan. Dengan konjungan ini lembaga mengetahui situasi dan kondisi serta dapat digunakan sebagai bahan evaluasi peserta magang di tiga perusahaan, yaitu: PT. JAYA BRIX INDONESIA  di Jl. Deandels No. 65, Kemantren, Paciran, Lamongan, PT. DOK INDONESIA di Jl. Raya Deadels Km. 63, Tj. Pakis, Kemantren, Paciran, Lamongan, serta PT. LMI INDONESIA di Jl. Raya Deadels Km. 63, Tj. Pakis, Kemantren, Paciran, Kabupaten Lamongan.

Dari kunjungan tersebut, mahasiswa mengaku bisa mengetahui kontrak kerja antar lembaga pendidikan dengan perusahaan, mengetahui kinerja setiap staf karyawan dan peserta magang, serta dapat bertemu langsung dengan HRD (Human Resource Development) perusahaan tersebut dan bisa mengetahui situasi yang ada di ruang meeting dan kantor administrasi yang ada diperusahaan tersebut. Kesempatan ini menjadi pengalaman berharga sekaligus menambah wawasan mahasiswa. Mereka belajar memahami dengan baik mengenai peran, kegiatan dan pengelolaan lembaga pendidikan, hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat maupun dengan perusahaan.

Kegiatan PPL INSUD 2019, diikuti oleh 290 mahasiswa dari program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Ma’had Aly (MA), Ekonomi Syariah, Hukum dan Tata Negara (HTN), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Seluruh peserta PPL melaksanakan praktik sejak 6 Februari hingga 6 Maret 2019. Kecuali untuk prodi HTN, praktik lapangan dilakukan pada 25 Maret hingga 26 April 2019 di Komisi Pemilihan Umum di Lamongan. Untuk prodi MPI, PBA, MA dan BKI praktik dilakukan tersebar di 23 lembaga pendidikan, prodi Ekonomi Syariah tersebar di 26 lembaga perekonomian dan KPI di Persada TV/Radio.

Bersama kegiatan ini mahasiswa membawa nama Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan.  Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada mahasiswa, masing-masing lembaga dan masyarakat pada umumnya. (Pusvyta, Ali Shodikin)

Foto 1.  Kunjungan PPL kelompok 5 bersama guru pamong SMK Tarbiyatus Sibyan

di PT. Jayabrix Indonesia

Foto 2.  Kunjungan PPL kelompok 5 bersama guru pamong SMK Tarbiyatus Sibyan

di PT. DOK PANTAI LAMONGAN INDONESIA

 

Foto 3. Kunjungan PPL kelompok 5 bersama guru pamong SMK Tarbiyatus Shibyan

di PT. LMI (Lamongan Marine Industry)

Foto 4. Kegiatan PPL 2019 kelompok 5, mahasiswa mengajar

di jurusan APK SMK Tarbyatus Sibyan

Foto 5. Kegiatan PPL 2019 kelompok 5, mahasiswa mengajar

di jurusan TKR SMK Tarbyatus Sibyan

051035
Users Today : 71
Users Yesterday : 75
This Month : 2018
This Year : 34264
Total Users : 51035
Your IP Address : 35.172.195.49
Server Time : 2019-11-22

Recent Post

Categories