August 4, 2021

INSUD Lamongan

Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan Jawa Timur

PPL/PKL INSUD 2021

2 min read
Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) dan Praktik Penggalaman Lapangan ( PPL ) untuk mahasiswa Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan angkatan 2017 dilaksanakan pada 15 Februari – 15 Maret 2021. Sebanyak 335 mahasiswa dari semua program studi mengikuti kegiatan ini. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai lokasi penempatan dan didampingi oleh 64 Dosen Pembimbing Lapangan. Mengingat pencegahan pandemi COVID-19, lokasi PPL dan PKL banyak dilakukan di wilayah internal Pondok Pesantren Sunan Drajat. Sedangkan lokasi praktik di luar pondok dilakukan berdasarkan kesepakatan antar lembaga dan senantiasa berkomitmen  untuk mematuhi protokol kesehatan.
Sebelum pelaksanaan PPL dan PKL, seluruh peserta mendapatkan pembekalan dan pengarahan dari panitia dan Wakil Rektor 1 di Aula Pondok Pesantren Sunan Drajat, (11/02/2021). Penggarahan PPL dan PKL juga diberikan oleh masing-masing Ketua Program Studi dan Dosen Pembimbing Lapangan.
PPL untuk mahasiswa dari Fakuktas Tarbiyah dan Prodi BKI dilakukan di 33 lembaga pendidikan formal yang tersebar di wilayah Gresik, Lamongan dan Tuban. Keseluruhan lembaga tersebut yaitu: MA Al-Azhar Banjarwati Paciran, SMK Al-Azhar Paciran, SMK Tarbiyatut Syibyan, SMA Mazro’atul Paciran, MA Mazro’atul Paciran, MA Ma’arif 17 Kemantren, MA Maslakul Huda Dengok, MA Ma’ari Dadapan Solokuro, SMK Al Ishlah Mulyorejo Panceng Gresik, SMA Bahlul Ulum Sekapuk Ujung Pangkah, MA Musthofawiyah Palang Tuban, MA Fatimiyah Banjarwati, SMK Al Hadi Iman Dukun Gresik, SMK Al Muniroh Ujung Pangkah Gresik, MA Al Fatah Banyu Urip Ujung Pangkah Gresik, SMK Nusantara Kemalangi Gede Turi Lamongan, MA Budaten Bungah Gresik, MA SPMAA Turi Lamongan, SMA Ahmad Yani Baurneo Bojonegoro, MA MA’ARIF NU Nguwok Modo Lamongan, SMK Mambaul Ihsan Ujung Pangkah Gresik, MA Jenu Tuban, MA Ma’arif Sunan Drajat kedungadem Bojonegoro, MA Al Asyhar Bungah Gresik, MA Vokasi Maulana Ishaq Kemantren, SMK Darul Jannah Tunggu, MA Ma’arif 7 Sunan Drajat, SMK Sunan Drajat, MMA Sunan Drajat, MA Raudlotul Ulum Banyu Tengah Panceng Gresik, MA Al Muhtadi Sendang Agung, SMK Al Amin Tunggul.
Untuk kegiatan PKL mahasiswa dari Prodi Ekonomi Syariah dilakukan di Bank Mitra Syariah di wilayah Gresik, Tuban dan Bojonegoro, Koperasi Sunan Drajat, BMT Sunan Drajat, BMT BUS, BMT BIM Palang Tuban,  BMT Mandiri, BMT Surya Raharja, BMT Mandiri Sejahtera Banjarwati Lamongan, BMT Al-Fitroh Sendangagung Lamongan, Koperasi Syariah Artho Mulya Dagan dan Sugihan Solokuro Lamongan. Mahasiswa dari Prodi KPI tahun ini melaksanakan PKL di PERSADA TV. Sedangkan untuk Prodi Hukum pelaksanaannya menunggu kepastian dari lembaga lokasi PKL.
Secara umum pemberangkatan PKL dilaksanakan tanggal 15 Februari 2021 dari halaman depan gedung INSUD Lamongan. Beberapa jadwal yang berbeda dilakukan sesuai kesepakatan dengan pihak lembaga lokasi PPL/PKL.
Dr. Nasihin,M.Pd., selaku Wakil Rektor 1 berharap agar mahasiswa selalu menerapkan etika, menjaga nama baik Pondok Pesantren Sunan Drajat, meningkatkan kedisiplinan dan profesionalitas dalam menjalani aktifitas PPL dan  PKL lembaga masing-masing. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa, lembaga maupun masyarakat pada umumnya.
( Penulis : Lathifatun Nisa’,Mahasiswa KPI Angkatan 2019)
ICT INSUD Lamongan | Newsphere by AF themes.