October 19, 2021

INSUD Lamongan

Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan Jawa Timur

Akreditasi Institusi INSUD Lamongan 2021

2 min read

Untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dengan nilai-nilai Islam dan tradisi pesantren, INSUD Lamongan perlu menyiapkan diri menghadapi tantangan zaman. Untuk bisa mencapai predikat unggul, maka berbagai aktifitas yang dilakukan dalam penyelenggaraan pendidikan pun perlu dilakukan dengan profesional, berkualitas dan berkelanjutan. Hal ini menjadi refleksi dari proses asesmen lapangan secara daring oleh tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 7-8 April 2021. Tim asesor yaitu: Prof. Dr. Arifuddin Ahmad, M.Ag., dari Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar, Dr. Angkasa, S.H., M.Hum., dari Universitas Jendral Soedirman, dan Prof. Dr. Muhammad Nasir, S.E., M.Si., dari Universitas Muslim Indonesia.

Masukan-masukan dari tim asesor sangat berharga untuk mendorong sekaligus memandu pengelola INSUD Lamongan dalam melakukan berbagai langkah strategis ke depan. Prof. Dr. Arifuddin Ahmad, M.Ag. menyarankan agar INSUD Lamongan meninjau kembali kebijakan, struktur pengelola serta tugas dan kewenangannya. Lembaga harus mensosialisasikan dan menegakkan kode etik profesi dan institusi. Untuk mencapai visi, misi, tujuan dan strategi lembaga harus menjalankan pengelolaan manajerial dan administratif dengan baik dan berkelanjutan. Dengan begitu diharapkan senantiasa ada peningkatan kualitas sebagaimana yang diharapkan.

Sementara itu, Prof. Dr. Muhammad Nasir, S.E., M.Si. mengulas tentang pentingnya pencatatan, pendokumentasian dan pengelolaan arsip setiap kegiatan yang dilakukan baik secara formal maupun nonformal. Manajemen lembaga harus dijalankan dengan baik dan setiap tahapnya ada bukti yang dapat ditunjukkan. Monitoring dan evaluasi juga harus ditindaklanjuti dengan jelas. Selain itu, lembaga perlu memperkuat Sistem Penjamiman Mutu Internal (SPMI) baik di tingkat institusi maupun di masing-masing program studi.

Dalam hal penyelenggaraan pendidikan, Dr. Angkasa, S.H., M.Hum. menyarankan agar INSUD Lamongan dapat meningkatkan kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Setiap dosen hendaknya dapat mengembangkan kreatifitas dan berinovasi dalam pengajaran, meneliti, melakukan kegiatan pendampingan kepada masyarakat dan menulis karya ilmiah. Lembaga harus senantiasa mendorong peningkatan kuantitas maupun kualitas hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Menanggapi semua masukan tersebut, Dr. H.Ahmad Iwan Zunaih. Lc., M.M., M.Pd.I. menyampaikan terimakasih dan bertekad untuk meningkatkan kualitas institusi. Semua masukan dan capaian yang diraih oleh INSUD Lamongan dalam akreditasi saat ini menjadi acuan yang sangat penting untuk perbaikan di masa mendatang.

ICT INSUD Lamongan | Newsphere by AF themes.